Copyright © FLOWER POWER ✿✿✿
Design by Dzignine
Minggu, 03 Februari 2013

NostalGame: Star Ocean The Second Story

http://www.platypuscomix.net/interactive2/Star-Ocean.jpg 
Nama Star Ocean seharusnya mendapatkan tempat yang spesial di ingatan para gamer Role Playing Game Jepang (JRPG). Seri game ini memulai debutnya dengan dirilisnya Star Ocean: Fantastic Space Odyssey tahun 1996 di console Super Famicom. Kemudian, seri game ini berkembang lebih lanjut dengan dirilisnya Star Ocean: The Second Story (PlayStation, 1999), Star Ocean: Till The End of Time (PlayStation 2, 2003), dan Star Ocean: The Last Hope (Xbox 360 dan PlayStation 3, 2009). Hampir semua seri Star Ocean dibuat versi bahasa Inggrisnya, kecuali satu, yaitu Star Ocean: Fantastic Space Odyssey. Game ini tidak dirilis versi bahasa Inggrisnya karena pihak publisher Enix menutup cabangnya di Amerika. Untungnya, Anda dapat menikmati game Star Ocean pertama ini di remake-nya di PlayStation Portable berjudul Star Ocean: First Departure.

Lalu, apa lagi yang membuat game ini wajib diingat? Tentu saja tema dan bentuk permainannya yang menyenangkan untuk dimainkan dalam waktu sangat lama. Bayangkan Anda memainkan petualangan angkasa luar ala Star Trek dalam bentuk JRPG! Saat itu, Star Trek merupakan film sains fiksi petualangan luar angkasa yang sangat terkenal. Siapa sih yang tidak mau bertualang di tapal batas terakhir umat manusia yang masih penuh misteri hingga saat ini walaupun hal itu hanya terbatas di dalam game saja?

Space, The Final Frontier

Game ini tergolong unik di masanya dan hal itu bukan hanya disebabkan tema ceritanya saja. Di game ini, Anda dapat memilih dan memainkan salah satu dari dua karakter, yaitu Claude C. Kenny (pria) dan Rena Lanford (wanita). Pilihan Anda akan memengaruhi jalannya cerita dan event yang akan ditemui sepanjang permainan. Bahkan, hal ini juga yang menjadi salah satu penilaian varian ending yang akan Anda temui nantinya. Nah, varian ending ini juga menjadi daya tarik utama game ini. Anda mungkin pernah memainkan game ini, tetapi apakah Anda telah berhasil mendapatkan semua ending tersebut? Bisakah Anda menebak berapa banyak varian ending di game ini?

Berapa tebakan Anda? Apakah dua, lima, sepuluh, atau bahkan dua puluh? Ternyata, game ini memiliki kejutan yang sangat luar biasa untuk jumlah ending yang bisa Anda temukan. Angka pastinya adalah 86 variasi ending! Selain ending yang bisa Anda dapatkan dari setiap karakter, persilangan dua karakter yang berhasil Anda rekrut akan menghasilkan ending baru. Begitu juga dengan ending yang hanya bisa didapatkan setelah Anda memiliki dua karakter spesifik dalam party. Untuk mendapatkan ending tersebut, Anda harus menjalankan event khusus yang bernama Private Action ketika ingin memasuki kota. Karakter yang Anda bawa dan yang ditinggal juga memengaruhi event apa yang akan ditemui. Sangat kompleks untuk game Playstation!


Ceritanya juga tergolong menarik untuk diikuti. Claude dan Rena merupakan dua karakter yang berasal dari planet yang berbeda. Pertemuan mereka disebabkan kecerobohan (atau takdir?) Claude yang merupakan Ensign dari penjelajah luar angkasa ras manusia. Kecerobohan itu dibayar dengan terlemparnya Claude melalui teleportasi ke planet Expel, salah satu planet dengan teknologi rendah yang juga merupakan tempat tinggal Rena. Ternyata, Claude kembali membuat kesalahan dengan menggunakan senjata lasernya untuk menyelamatkan Rena yang diserang monster. Padahal, Claude terikat peraturan UP3 (Underdeveloped Planet Preservation Pact) yang menyatakan dia tidak boleh menggunakan teknologi canggih di hadapan penduduk asli planet tersebut.

Ternyata, aksi Claude tersebut mirip dengan sebuah ramalan kuno planet Expel. Ramalan tersebut menyatakan seorang pahlawan dengan baju yang aneh dan bersenjatakan “pedang sinar” akan menyelamatkan Expel di saat krisis. Sialnya lagi bagi Claude, saat itu Expel sedang ditimpa bencana besar akibat jatuhnya meteor yang diberi nama “Sorcery Globe”. Meteor tersebut mengakibatkan monster bermunculan dan bencana alam sering terjadi. Akhirnya, Claude memutuskan untuk menyelidiki meteor tersebut demi mencari cara untuk kembali bertemu tim ekspedisinya. Sepanjang perjalanan, Rena dan Claude bertemu dengan banyak teman baru dan di antaranya berasal dari planet selain Expel, yaitu Ashton Anchors, Celine Jules, Dias Flac, Opera Vectra, Ernest Raviede, Leon D.S. Gehste, Bowman Jeane, Precis F. Neumann, Noel Chandler, dan Chisato Madison.

Karakter yang dapat direkrut tidak selalu akan mengikuti petualangan Anda. Bila Anda telah memiliki karakter tertentu dalam party, ada karakter lain yang tidak dapat direkrut. Contohnya, bila Anda merekrut Ashton, Opera tidak dapat direkrut. Bila Anda tidak dapat merekrut Opera, Ernest juga secara otomatis tidak dapat direkrut karena Anda membutuhkan Opera untuk merekrutnya. Oleh karena itu, Anda tidak akan mendapatkan semua ending dengan hanya dengan sekali main saja. Apalagi, game ini tergolong memiliki cerita yang panjang. Setidaknya Anda membutuhkan sembilan hingga sepuluh kali mengulang cerita untuk mendapatkan semua ending tersebut!


Pertempuran Menyelamatkan Alam Semesta

Di masanya, bentuk permainan game ini tergolong rumit. Begitu banyak feature menarik yang dapat ditemukan dalam game ini. Bila Anda pernah memainkan game ini, tentu akan ingat dengan banyaknya pilihan aksi yang dapat dilakukan selain bertempur. Pertama, mari mengingat sedikit mengenai konsep pertempuran game ini.

Bila Anda pernah memainkan game berjudul Tales of Phantasia, tentu Anda akan menemukan beberapa kemiripan sistem battle Star Ocean dengan game tersebut. Ternyata, pihak pengembang Star Ocean, Tri-Ace, merupakan pecahan dari tim developer Tales of Phantasia yang tidak puas dengan game tersebut. Jadi, bentuk pertempuran linear battle system yang menjadi ciri khas seri game Tales ada di Star Ocean. Bedanya, Star Ocean menggunakan arena pertempuran 3D. Hal ini memberikan variasi pergerakan karakter yang lebih luas. Pertempuran dipenuhi aksi real time yang sedikit mirip game fighting. Untuk membuat pertempuran lebih seru, Anda dapat menggunakan Special Attack dan Symbology (serangan sihir) yang berkembang seiring kekuatan karakter yang Anda mainkan.

Ketika pertempuran terjadi, Anda akan mengatur aksi pimpinan party dalam mengalahkan musuhnya. Tiga karakter lain yang ada di party akan bergerak sesuai dengan taktik yang telah Anda atur sebelumnya. Anda dapat memerintahkan mereka untuk menyerang dengan segala kemampuannya (serta menghabiskan poin MP yang diperlukan untuk mengeluarkan serangan khusus) atau membuat mereka hanya menggunakan serangan biasa saja. Bila Anda tidak kerepotan, semua karakter dalam party juga dapat diatur secara manual. Namun, hal ini sungguh melelahkan bila dilakukan dalam waktu yang lama.

Apa lagi yang menarik dari sisi permainannya? Tentu saja Item Creation! Setiap karakter memiliki Talent dan kemampuan untuk membuat sesuatu. Bila karakter dapat memasak, ia pun mampu menghasilkan makanan yang berguna untuk mendukung party ketika berada jauh dari kota. Begitu juga dengan karakter yang dapat membuat dan memperkuat perlengkapan karakter. Skill ini akan bertambah kuat bila semakin sering digunakan. Anda juga dapat menemukan Special Skill setelah meningkatkan talent hingga maksimal. Efek yang dapat Anda temukan di skill tersebut akan sangat membantu jalannya permainan.

Bagaimana? Apakah kenangan ketika bermain game ini dahulu kala telah kembali di dalam ingatan Anda? Bila iya, cobalah dibandingkan dengan game Star Ocean terbaru yang dirilis di console next-gen. Walaupun Star Ocean terbaru memiliki beberapa feature penjelajahan angkasa luar yang menarik, game tersebut masih tetap tidak dapat mengalahkan feature menarik yang ditawarkan Star Ocean: The Second Story, terutama dari sisi variasi ending dan talent-nya. Wahai para pengembang game, jangan terlalu fokus dengan tampilan yang superindah. Perhatikan juga faktor permainannya!

Sumber: http://www.jagatreview.com

0 komentar:

Posting Komentar