Copyright © FLOWER POWER ✿✿✿
Design by Dzignine
Sabtu, 02 Februari 2013

NostalGame: Legend of Mana

 
Masa keemasan Squaresoft sebagai pengembang game role playing (RPG) jempolan tidak dapat dilepaskan dari kesuksesan beberapa seri game yang melegenda. Apakah Anda bisa menebak apa saja game yang mengangkat perusahaan ini hingga ke posisi tertinggi? Anda pasti akan langsung menyebut nama Final Fantasy. Hal itu memang benar, tetapi ada beberapa judul lain yang tidak kalah tenarnya dari Final Fantasy. Sebutlah misalnya Chrono Trigger, Vagrant Story, dan seri Mana (Secret of Mana dan Legend of Mana). Bahkan, tidak berlebihan bila dikatakan Legend of Mana tidak kalah penghasilannya dengan Final Fantasy VIII, Vagrant Story, dan Xenogears.



Legend of Mana, dikenal di Jepang sebagai Seiken Densetsu: Legend of Mana, adalah permainan keempat dalam seri Mana. Permainan ini dirilis untuk PlayStation di Jepang pada tanggal 15 Juli 1999 dan di Amerika Utara pada tanggal 7 Juni 2000, dengan rilis tertunda di Kanada. Sementara angsuran keempat yang dirilis dalam seri, berbasis konsol Mana permainan berikutnya, dawn of Mana, adalah permainan keempat resmi (di Jepang, itu dikenal sebagai Seiken Densetsu 4).
di bandingkan dari tiga game terdahulunya, legenda Mana memiliki gaya sendir iyang berbeda dari permainan lainnya. Terutama, memberi pemain kemampuan untuk membentuk permainan dunia Fa'Diel menurut keinginan sendiri, sistem yang didirikan melalui penggunaan dari "artefak," yang diperoleh sebagai pemain kemajuan melalui permainan. Pemain menggunakan artefak untuk membuat kota-kota yang berbeda, dungeons, dll, yang disebut "Tanah", untuk bertualang didalamnya.

http://www.game-art-hq.com/wp-content/uploads/2011/10/Legend-of-Mana-Seiken-Densetsu-Playstation-Game-Screenshot-Story-Intro-Screen.jpg
Sehebat itukah Legend of Mana? Bila Anda pernah memainkan game ini, tentu Anda akan menyadari beberapa hal yang membuatnya sangat menarik. Sekali pandang saja akan langsung terlihat betapa tingginya kualitas tampilan yang bisa ditemui dalam game ini. Penggunaan tampilan 2D yang mirip lukisan dan dihiasi warna indah akan menemani sesi bermain Anda. Begitu Anda mulai memainkannya, barulah terlihat kehebatan lain yang dimiliki game ini. Apakah itu? Tentu saja bentuk permainannya dan feature bernama Artifak yang begitu hebat. Bila Anda pernah memainkannya tentu masih ingat dengan keunikan sistem permainan game ini ‘kan? Mari kembali mengenang Legend of Mana bersama Nostalgame kali ini!

Sebelum mulai membicarakan mengenai bentuk permainan dan segala hal yang rumit, ada baiknya Anda menyempatkan diri menyimak mengenai topik yang tidak serius terlebih dahulu. Misalnya, fakta bahwa game Action RPG yang dirilis Squaresoft pada tahun 2000 ini memiliki lagu opening yang sangat menarik. Selain alunan nadanya yang indah, liriknya ternyata bukan berasal dari bahasa Inggris! Lagu yang berjudul Song of Mana tersebut dinyanyikan dalam bahasa Swedia oleh vokalis bernama Annika Ljungberg. Masih berbicara mengenai musik, semua lagu yang menjadi soundtrack game ini ternyata diaransemen oleh Yoko Shimomura. Tahukah Anda bahwa Yoko Shimomura disebut sebagai komposer musik video game paling terkenal di dunia? Karyanya pasti telah sering Anda dengar, seperti OST untuk Parasite Eve, Kingdom Hearts, Breath of Fire, Super Mario RPG, Front Mission, Final Fight, dan Street Fighter II! Dia juga yang bertanggung jawab untuk lagu indah yang ditemukan pada game terbaru Aya Brea (Parasite Eve), 3rd Birthday dan game Final Fantasy Versus XIII!



Bangun dunia Fa'Diel sesuka hati Anda!
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tampilan permainan pada game ini tergolong unik dan indah. Bila harus dijelaskan dengan singkat dan padat, bagaikan bermain sebuah lukisan yang penuh warna. Kesan tersebut terpaku kuat ketika memainkannya. Kesan ini pula yang pada akhirnya menjadi ciri khas seri game “Mana“, seperti Sword of Mana, Children of Mana, dan Heroes of Mana. Bahkan tradisi penuh warna tersebut tetap diwariskan dalam game Dawn of Mana yang telah menggunakan tampilan 3D.
Beralih ke permainannya, Legend of Mana adalah action RPG dengan feature yang unik. Anda dapat melihat musuh yang nantinya akan dihadapi ketika menjelajahi daerah permainan. Ketika Anda mendekati musuh tersebut, permainan akan berubah ke layar pertempuran. Serangan dilancarkan dengan cara menekan tombol pada controller, sama seperti game action. Misalnya, Anda cukup menekan tombol X untuk serangan ringan dan tombol Square untuk serangan kuat. Tekan tombol X beberapa kali untuk melancarkan combo ringan. Combo tersebut dapat dipadukan dengan jenis serangan lain, seperti Special Technique dan serangan kuat. Tombol Triangle dan Circle dapat Anda ubah fungsinya dengan beberapa jenis gerakan. Anda dapat menggunakannya untuk bertahan, melompat ke belakang, dan mendorong musuh. Bentuk permainan action tersebut membuat pertempuran menjadi seru dan tidak membosankan.

Efek visual pertempurannya tidak kalah dengan game masa kini!

Lalu, apa yang membuat game ini unik? Hal itu terletak pada sistem Artifak yang digunakan untuk membentuk dunia sesuai dengan keinginan Anda! Mulanya, dunia yang Anda tempati hanyalah hamparan tanah kosong tanpa kota dan dungeon. Artifak digunakan untuk membentuk lokasi baru di dunia yang Anda mainkan. Contohnya, Anda dapat meletakkan Artifak Mailbox untuk membentuk rumah karakter utama. Kemudian, Anda akan meletakkan Artifak lain yang menjadi kota bernama Domina di samping lokasi rumah tersebut.
Apakah fungsinya hanya untuk meletakkan lokasi baru saja? Ternyata, setiap lokasi tersebut akan memengaruhi komposisi “Mana” di sekitarnya. Contohnya, Domina akan mengubah komposisi Mana dari rumah karakter yang ada di sampingnya. Sesuai dengan judul game ini, Mana merupakan bagian yang sangat penting dalam Legend of Mana. Mana adalah elemental pembentuk Fa’Diel, dunia dalam game ini. Ia juga bertanggung jawab terhadap kekuatan sihir dan monster. Jadi, semakin tinggi kekuatan satu jenis Mana dalam dungeon, begitu juga dengan kekuatan musuh yang memiliki elemental tersebut! Oleh karena itu, penempatan Artifak yang berbeda akan mengubah pengalaman bermain Anda! Feature yang sangat menarik dan inovatif!

Temukan companion untuk mendapatkan cerita yang menarik.

Perjalanan Anda tidak melulu harus dijalani seorang diri. Karakter utama Anda dapat bertemu dengan karakter lain (Companion) untuk menemaninya. Selain untuk membantu di dalam pertempuran, mereka juga memiliki cerita tersendiri. Biasanya, setiap cerita yang dimiliki karakter tersebut akan bersambung dan membentuk sebuah rangkaian cerita. Dari semua cerita tersebut, terdapat tiga cerita utama yang dapat Anda pilih untuk menyelesaikan game ini. Jadi, terdapat tiga ending dan hal ini juga merupakan salah satu daya tarik utama game ini. Walaupun harus diakui cara tersebut membuat cerita secara keseluruhan menjadi kurang menarik. Begitu banyak pertanyaan yang tertinggal setelah menyelesaikan game ini, seperti siapakah sebenarnya karakter utama yang Anda mainkan dan tidak adanya ancaman besar yang mengancam dunia Fa’Diel.

Pertempuran terjadi real time ala game action.

Feature lain yang membuat game ini semakin mantap dimainkan adalah adanya sistem Pet, Workshop, dan Farming. Rumah yang Anda tempati ternyata menyimpan banyak fasilitas pendukung yang menarik. Pertama, Anda dapat mengembangkan telur monster yang Anda tangkap di dungeon. Setiap telur yang Anda tangkap nantinya akan menetas menjadi beragam jenis monster yang kuat. Monster tersebut dapat Anda bawa bertempur untuk mengembangkan kekuatannya. Kandang monster yang ada di rumah Anda dapat menampung beberapa monster sekaligus. Jadi, Anda dapat mengembangkan beberapa monster secara bersamaan dan menjualnya.

Monster boss biasanya berukuran besar dan memiliki serangan yang berbahaya!

Workshop berguna untuk mengembangkan kekuatan senjata dan perlengkapan yang Anda miliki dengan menggunakan mineral. Mineral merupakan salah satu benda yang bisa didapatkan ketika mengalahkan musuh di dalam dungeon. Perlengkapan dari Workshop biasanya memiliki kekuatan yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan senjata biasa. Begitu juga dengan buah hasil perkebunan sendiri. Kebun yang ada di samping rumah Anda dapat digunakan untuk menghasilkan buah untuk makanan monster. Cukup berikan biji yang bisa didapatkan ketika mengalahkan musuh kepada Ancient Tree di kebun dan ia akan menghasilkan beragam jenis panen buah!

Pekarangan rumah Anda dapat digunakan untuk perkebunan, peternakan, dan workshop.

Bentuk permainan dan feature menarik tersebut merupakan elemen yang bertanggung jawab atas kualitas game ini. Walaupun beberapa di antaranya terlihat kecil dan tidak penting, semua itu memberikan pengalaman bermain yang membuat gamer pada masa itu ketagihan. Bila Anda dapat memahami bentuk permainan rumit dari Legend of Mana, Anda tentu akan setuju dengan pendapat di atas. Bila Anda masih memiliki game ini, cobalah memainkannya kembali. Semoga Anda dapat kembali menemukan kenikmatan memainkan game berkualitas tinggi yang rasanya semakin sulit saja ditemui belakangan ini.

Sumber: http://www.jagatreview.com (dengan sedikit modifikasi)

0 komentar:

Posting Komentar